HUMBEL

Knowledge Management

Seluk Beluk Agency

Pengertian Agency

Sebelum mengetahui jenis-jenis Agency, Tidak ada salahnya untuk mengetahui secara singkat mengenai apa itu agency. Agency adalah sejenis perusahaan yang sangat spesial. Menurut Market Business Newsagency bisa dikatakan sebagai bisnis, perusahaan, atau organisasi yang menyediakan layanan tertentu. Tugas utamanya adalah menjadi perantara antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Pihak-pihak tersebut bisa saja berupa perusahaan lain atau orang individual yang membutuhkan jasa agency untuk menyelesaikan sebuah proyek. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin agency mengerjakan proyek sendiri tanpa brief dari klien.

Biasanya, agency menawarkan jasa kreatif di bidang marketingbranding, atau mungkin advertising untuk klien. Jika ingin bekerja di agency, kamu harus memiliki kreativitas tinggi dan siap menghadapi berbagai macam jenis klien.

Jenis-jenis Agency

1. Adverstising Agency

Jenis agency yang pertama dan paling umum ditemukan adalah advertising agency. Seperti namanya, agency yang satu ini berfokus pada layanan periklanan dan juga marketing.

Orang-orang yang bekerja di dalamnya akan membantu membuat campaign untuk menyampaikan pesan yang diinginkan oleh klein kepada target pasar. Hal ini tentu saja dilakukan dengan memikirkan strategi marketing yang efektif dan tepat guna.

2. Digital agency

Jenis agency yang kedua adalah digital agency.Digital agency biasanya menyediakan jasa seperti web design dan juga developmentsearch engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), campaign untuk media, brand development, dan masih banyak lagi.

Intinya, agency yang satu ini menggabungkan marketing dan juga kreativitas di era yang serba digital, membuahkan kolaborasi yang ciamik dan modern.Biasanya, untuk bekerja di sini, skill yang dibutuhkan mencakup marketingcopywritingweb design, UI/UIX, dan lainnya.

3. Marketing agency

Berbeda dengan jenis agency sebelumnya, bidang yang dikerjakan oleh marketing agency jauh lebih spesifik. Melansir Fidelis Creative Agency, marketing agency berfokus pada pemberian konsultasi dan juga pengembangan strategi marketing.

Jika ingin bekerja di agency yang satu ini, kamu harus memiliki latar belakang bekerja di bidang marketing atau setidaknya menguasainya. Mengapa begitu? Tentu saja karena orang yang bekerja di marketing agency harus memahami apa itu market research, product development, dan juga program-program marketing.

4. Entertainment agency

Entertainment agency merupakan jenis perusahaan yang berjalan di dunia hiburan. Biasanya, agency ini berisikan musisi, penari, model, dan pelaku kreatif lainnya yang ada di dunia hiburan.

Peran entertainment agency adalah menjadi jembatan bagi orang-orang berbakat dan ‘memperkenalkan’ mereka ke dunia hiburan. Biasanya, mereka mengurus semua hal mulai dari branding sampai mencarikan panggung untuk artisnya.

5. Public relation agency

Selanjutnya adalah public relation (PR) agency. PR agency berfokus pada representasi klien yang ingin membentuk brand image yang baik dan juga dikenal oleh masyarakat. Biasanya, klien yang menggunakan jasa agency ini membutuhkan layanan PR seperti press release, acara-acara, dan juga talkshow di media.

Intinya, PR agency merepresentasikan klien dan produk yang ingin diperjualbelikan, agar dipahami oleh masyarakat luas.

6. Branding agency

Jenis agency selanjutnya adalah branding agency.Berbeda dengan PR agency, branding agency lebih berfokus ke pembentukan brand itu sendiri.Mulai dari tone of voice yang ingin digunakan, identitas brand tersebut dan apa yang ingin disampaikan kepada calon pelanggannya.

Proses ini mencakup pre-produksi, masa produksi, dan juga pascaproduksi.Selain itu, branding agency juga mengurus logo, moto brand, dan masih banyak lagi. Intinya, apa pun yang dilihat dan dikenali oleh pelanggan dari sebuah brand masih masuk ke dalam lingkup kerja branding agency.

7. Creative agency

Jenis agency yang terakhir adalah creative agency.Dari namanya saja pasti kamu sudah tahu bahwa agency yang satu ini mengurus segala hal yang berkaitan dengan kreatif.Mulai dari membuat arahan kreatif, image brand, produksi konten, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Column Five Media, creative agency membutuhkan beberapa orang penting seperti art director dan creative director, videografer, desainer grafis, dan masih banyak lagi. Orang-orang kreatif ini nantinya akan berkolaborasi untuk membuat apa pun yang diinginkan oleh klien, sesuai dengan arahan yang diberikan.

 

Plus Minus Bekerja di Agency

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenisnya, sekarang saatnya kamu mengetahui plus minus bekerja di agency.Beberapa kelebihan kerja di agency mencakup jam kerja yang fleksibel, meningkatkan pengetahuan akan banyak hal, dan juga menambah networking yang berkualitas.Ketika kerja di agency, kamu jadi bisa mengembangkan kreativitas dan juga kemampuan bekerja di bawah tekanan.

Bekerja di agency juga memiliki beberapa kekurangan seperti waktu kerja yang tidak menentu, klien yang tidak selalu baik, serta kecepatan dan kecepatan kerja yang tinggi.Meskipun begitu, itu semua tergantung bagaimana cara kamu melihatnya.

Sumber : Glints

 

52 Kali Di Baca