HUMBEL

Knowledge Management

Pilih Wired Mouse atau Wireless Mouse?

Aksesoris peripheral yang satu ini gak bisa ketinggalan deh, bisa dibilang komputer akan terasa kurang lengkap atau bahkan kinerjanya sangat menurun kalau gak ada mouse di dalam penggunaannya. Hal ini terkecuali kalau kita menggunakan laptop, karena pada laptop ada trackpad yg digunakan sebagai pengganti mouse. Tapi banyak juga orang yang suka pake mouse pada laptop, contohnya saya hehe.. Nah kali ini saya bakal kasih liat nih ke kamu apa sih kelebihan dan kekurangan Wired Mouse (Mouse kabel) dan Wireless Mouse (Mouse nirkabel). Let’s go!

Wired Mouse

Wired mouse ini ada beberapa tipe loh.. Tipe ini dibedakan menurut koneksinya ke komputer. Ada yang koneksinya menggunakan Bus (hanya digunakan di komputer IBM), Port serial, PS/2 dan USB. Untuk 2 tipe pertama itu termasuk dalam kategori jadul, alias dipakai di jaman bahoela atau jaman dulu. Di jaman now atau jaman sekarang kita menggunakan PS/2 Mouse (Portnya biasanya berwarna hijau di bagian belakang PC) dan USB Mouse.

Kelebihan :

  1. Stabil dan bisa diandalkan
  2. Cepat terhubung ke komputer, hanya dalam berapa detik mouse kamu akan langsung terdeteksi oleh komputer.
  3. Lebih awet, jika mouse terjatuh dari meja masih ada kabel yang menyelamatkan.
  4. Harga murah, bahkan ada yang harga 10ribuan cocok buat kantong pelajar nih.

Kekurangan :

  1. Jika kabelnya terlalu panjang membuat terlihat kurang rapi
  2. Kabel sering ruwet
  3. Lebih berat daripada wireless mouse

Kalau kamu seorang gamer, saya saranin untuk menggunakan wired mouse. Wired mouse lebih pasti aman dan asik kalau dipakai gaming, gak usah takut mouse kamu bakal mati karena habis baterai, dan pastinya lebih stabil dibandingkan wireless mouse.

Wireless Mouse

Simpel dan berkelas, adalah kata-kata di benak saya saat saya pertama kali melihat Wireless Mouse. Ada banyak merk wireless mouse yang bisa kamu pilih sesuai style dan keinginan kamu.

Kelebihan :

  1. Praktis, tidak ada kabel yang mengganggu dan mudah dibawa.
  2. Portable
  3. Fleksibel, dapat secara bebas kita gerakan maksimal sampai jarak 10 meter.

Kekurangan :

  1. Koneksi tergantung pada kekuatan gelombang, wireless mouse menggunakan gelombang radio, jika baterai lemah maka kekuatan gelombang akan berkurang.
  2. Harus menggunakan sumber daya, seperti baterai AA atau baterai lithium yang dapat diisi ulang.
  3. Bikin dompet kempes alias mahal

Kalau kamu seorang traveller saya saranin untuk menggunakan wireless mouse deh! Biar bisa leluasa menggunakan membawanya selama perjalanan.

Kesimpulannya dua-duanya menawarkan kehandalan dan kelebihan, mau pilih Wireless Mouse atau Wired Mouse kembali lagi ke kebutuhan dan budget kamu yaa…

773 Kali Di Baca