HUMBEL

Knowledge Management

Perangkat Multimedia

Multimedia. Saat ini sudah menjadi kebutuhan pemakai komputer di negeri ini. Tampaknya jika sebuah komputer belum bisa bermultimedia belum bisa dikatakan home PC. Dan rasanya belum pas jika komputer yang digunakan belum bisa mendendangkan renyahnya musik atau video dari DVD-ROM atau CD-ROM.

Kebutuhan lain jika komputer Anda akan dijadikan PC Multimedia adalah harus dilengkapi dengan kartu suara dan kartu MPEG. Sebenarnya tanpa kartu MPEG pun Anda sudah bisa bermultimedia, tetapi kurang pas jika tidak dilengkapinya.

Sebuah komputer yang dilengkapi dengan DVD-ROM drive atau DVD drive tidak hanya untuk keperluan bermultimedia saja. Untuk keperluan instalasi juga memerlukan DVD-ROM atau DVD. Karena hampir semua software dan sistem operasi yang beredar saat ini tersimpan dalam DVD-ROM atau CD-ROM. Untuk itu bagian ini akan menjelaskan cara memilih DVD-ROM atau CD-ROM dan perangkat multimedia lainnnya.

1. Memilih DVD-ROM Drive

Untuk memilih DVD-ROM ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Diantaranya kompatibelitasnya terhadap hardware lain, kecepatan akses, dan kualitasnya. Masalah kualitas ini sangat penting walaupun dalam memilih sebuah DVD-ROM drive kecepatan baca menjadi pertimbangan utama.

DVD-ROM yang beredar saat ini sangat banyak dengan merk dan kualitas yang berbeda. Selain DVD-ROM drive, juga masih banyak yang menggunakan CD-ROM. Untuk CD-ROM drive ini kecepatannya dihitung dengan ciri khusus seperti 24x, 32x, 40x, 52x dan seterusnya. Semakin tinggi kecepatan aksesnya atau membaca data dari sebuah CD harganya mungkin akan semakin mahal. Disamping kecepatan, merk dari CD-ROM sangat menetukan harga.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perangkat ini, karena saat ini sudah mulai banyak dipasarkan DVD-ROM drive dengan harga jauh lebih murah. Di bandingkan dengan CD-ROM drive memang sebaiknya memilih DVD-ROM. Karena DVD-ROM drive bisa bisa membaca CD-ROM, sedangkan CD-ROM tidak bisa sebaliknya. Walaupun untuk hardware generasi sebelumnya masih dibundel dalam CD-ROM.

2. Memilih Kartu MPEG

Saat ini sudah banyak kartu grafik yang sudah mendukung multimedia yang dikenal dengan accelerator. Tetapi dengan kartu grafik accelerator hasil yang didapatkan kurang maksimal. Oleh karena itu kartu MPEG tetap harus Anda miliki untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pemilihan kartu MPEG ini sangat erat dengan penampilan gambar terutama ketika memutar VCD. Semakin tajam gambar yang ditampilkan semakin baik kartu MPEG tersebut.

Tetapi pada tahap awal Anda bisa saja memilih kartu MPEG yang sederhana. Tetapi jika Anda akan memilih yang canggih juga tidak dilarang. Hal ini tentu saja tergantung dana yang tersedia.

3. Memilih Sound Card/Kartu Suara

Kartu suara merupakan perangkat keras yang dapat menghasilkan suara. Dengan kartu suara yang ditancapkan di salah satu slot atau soket dalam motherboard akan menghasilkan suara yang tidak kalah baiknya dibandingkan Audio player pada umumnya.

Dengan kartu suara ini kita bisa mengatur suara sesuai keinginan. Bahkan bisa merekam suara sesuai kebutuhan, karena dalam kartu suara ini selain bisa menghasilkan suara juga tersedia connector khusus buat microphone. Dengan microphone ini kita bisa berkaraoke dan bisa juga merekam suara kita.

Dengan canggihnya teknologi, kartu suara yang beredar saat ini juga sudah banyak yang menawarkan suara tiga dimensi atau 3D. Dengan suara 3D ini kita bisa mengatur kerenyahan suara yang dihasilkan.

4. Microphone

Untuk berkaraoke di depan komputer saat ini bukanlah hal yang sulit, karena banyak fasilitas baik hardware maupun software yang mendukung untuk keperluan tersebut. Salah satu syarat yang tidak boleh dilupakan untuk berkaraoke ini adalah microphone. Saat ini banyak dijual di pasaran mulai dari yang sederhana hingga yang cukup baik dan canggih.

 

Referensi : Calon Teknisi Komputer 

380 Kali Di Baca