HUMBEL

Knowledge Management

Memilih RAM Untuk Komputer

Kecepatan komputer sebenarnya selain ditentukan oleh tingginya processor juga sangat ditunjang oleh tingginya RAM/memori yang terpasang. Oleh karena itu keseimbangan RAM dan CPU memang harus diperhatikan. Bahkan untuk menjalankan aplikasi grafik seperti CorelDraw, PhotoShop, PageMaker, dan lain-lain disrankan memasang memori minimal 2 GB. semakin tinggi memori yang terpasang akan semakin baik. Begitu juga memori yang besar tanpa diimbangi processor yang tinggi juga tidak akan menghasilkan kecepatan maksimal.

1. Jenis Memori/RAM

Saat ini masalah pemakaian memori juga menjadi persoalan. Karena selain masih banyak jenis komputer bermesin Centrino Core Duo ke bawah. Komputer jenis ini umumnya menggunakan memori  atau DDR RAM (Double Data Rate). Namun terkadang untuk komputer generasi lama jenis memori SIMM (Single-In line Memory Modules) dan EDO 72 pin masih dicari di pasaran. Namun dengan melejitnyaprocessor kelas generasi 64 bit baik dari Intel maupun AMD dan lain-lain jenis DDR RAM. DIMM (Dual-In line Memory Modules) dan SDRAM 168 pin juga masih banyak dicari.

Kapasitas memori per keping sangat bervariasi. Dulu setiap keping memori sangat kecil dan yang diperdagangkan umumnya berkisar 1-4 MB per keping. Tetapi kini jenis SIMM RAM diperdagangkan mulai 512 MB ke atas. Bahkan belakangan ini kapasitas memori 256 MB sudah jarang dan yang umum diperdagangkan mulai 1 GB ke atas per kepingnya. Sementara itu memori jenis DIMM atau SDRAM yang berkapasitas mulai 256 MB ke bawah sudah jarang diperdagangkan.

Jika anda menggunakan Centrino Core Duo dan menggunakan 512 MB dan ingin menggunakan 1 GB biasanya harus dipasang rangkap. Namun demikian anda juga bisa memasang 1 GB 1 keping, walaupun hanya 1 keping juga masih bisa berjalan dengan baik. Untuk komputer generasi lama yang masih menggunakan CPU Pentium IV dan menggunakan memori DIMM atau SDRAM bisa memasang 1 keping dan bisa juga 2 keping atau lebih tergantung jumlah module yang tersedia.

Untuk saat ini sudah banyak beredar dipasaran RAM 1 GB khususnya jenis DDR 2 533. Jadi apabila di motherboard terdapat 4 keping slot RAM anda bisa memasang RAM 4 GB atau jika menggunakan masing-masing 512 MB untuk 4 slot berarti hanya bisa memasang 2 GB

2. Pertimbangan Harga

Pertimbangan lain yang tidak kalah penting dalam memilih memori adalah dalam hal harga. Masalah ini erat kaitannya dengan merk dan kualitas memori itu sendiri. Merk terkenal harganya tentu lebih mahal dibandingkan dengan memori yang biasa.

Dalam memilih sekeping memori memang kita harus benar-benar jeli dan teliti. Karena tidak sedikit memori yang pada saat komputer di booting terdeteksi dengan baik. Tetapi ketika akan atau telah diinstalasi sistem operasi seperti Windows Vista atau komputer anda digunakan untuk mejalankan Windows Server 2008 terkadang komputer sering hang.

Bahkan apabila anda memasang komputer yang support 64 bit dengan sistem operasi yang 64 bit juga, maka memori ini sangat menentukan. Karena umumnya komputer yang support 64 bit tentu akan memanfaatkan fasilitas virtualisasi server. Salah satu sistem operasi yang support 64 bit adalah Windows Server 2008.

Sebagai gambaran, jika anda akan menggunakan komputer Centrino Core Duo atau di atasnya dengan sistem operasi Microsoft Windows Vista sebaiknya menggunakan memori 1 GB. Bahkan disarankan memang memori 2 GB atau lebih.

 

Referensi : Calon Teknisi Komputer

379 Kali Di Baca