HUMBEL

Knowledge Management

Memilih Monitor dan Printer

Monitor dan printer merupakan media Output dalam sebuah printer. Dengan monitor kita bisa melihat hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan melalui layar sedangkan dengan printer kita bisa melihat output berupa hardcopy di media kertas atau sejenisnya.

Bagian ini akan menjelaskan cara memilih monitor dan printer sesuai kebutuhan. Sekali lagi dalam artikel ini tidak menjelaskan proses kerja maupun pabrikasi dari hardware yang digunakan melainkan menjelaskan bagaimana memilih hardware yang sesuai kebutuhan.

1. Monitor

Monitor atau Visual Display Unit (VDU) merupakan piranti output hasil dari instruksi atau sistem komputerisasi. Berbagai instruksi yang kita masukkan melalui papan ketik hasilnya akan diteruskan ke monitor.

Dengan melihat hasil pekerjaan di monitor segala kesalahan atau hasil yang terjadi dapat dilihat secara langsung dengan baik. Sehingga jika terjadi kesalahan dapat kita perbaiki dengan cepat dan mudah.

Dalam memilih monitor kita harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya resolusi atau ketajaman, ukuran (dalam bentuk Inci), merk, jumlah warna yang dihasilkan, dan sebagainya. Biasanya yang menjadi pertimbangan dalam memilih monitor ini adalah ketajaman atau resolusi. Semakin tinggi resolusi sebuah monitor akan semakin tajam dan bersih penampilannya.

Resolusi sebuah monitor sangat berkaitan erat dengan VGA Card yang digunakan. Jadi jika Anda akan memilih atau membeli sebuah monitor harus diperhitungkan jenis VGA Card yang dimiliki.

Jika VGA Card yang kita miliki tidak mendukung resolusi sebuah monitor mustahil akan menghasilkan tampilan yang jernih dan tajam. Oleh karena itu tingginya resolusi sebuah monitor harus didukung oleh tingginya resolusi dari VGA Card yang kita miliki (biasanya dihitung dalam jumlah Mega Byte).

Masalah pemilihan monitor ini selain berkaitan dengan resolusi juga ada hubungannya dengan kebutuhan. Untuk keperluan apa monitor tersebut? Jika kebutuhannya hanya untuk pengolah kata, pengolah angka atau Databasemungkin monitor yang resolusinya rendah dengan ukuran 14 Inco sudah cukup. Tetapi jika kebutuhannya sudah sangat kompleks terutama berhubungan dengan Desain Grafis monitor dengan resolusi tinggi dengan ukuran 15 Inci atau 17 Inci merupakan persyaratan mutlak.

2. Printer

Printer meupakan piranti output yang membutuhkan media lain berupa kertas. Hasil dari proses komputerisasi yang ditampilkan di media kertas ini merupakan hasil kerja printer.

Printer ini sebenarnya erat juga kaitannya dengan hasil yang ditampilkan di media Display. Oleh karena itu printer ini pun dapat menghasilkan keluaran yang tajam dan bersih jika resolusinya tinggi. Printer dengan resolusi tinggi juga dapat dinyatakan dengan kerapatannya yang dihitung dalam dpi (dot per inci persegi). Semakin tinggi resolusi sebuah printer semakin baik hasilnya.

Dipasaran saat ini banyak jenis printer, mulai dot matrix, Bbjet, DeskJet hingga LaserJet. Begitu juga dengan merknya, mulai Epson, Canon, hingga HP. Untuk memilih printer juga sama halnya seperti memilih monitor. JIka kebutuhan printer beresolusi tinggi kita perlukan, maka tidak ada salahnya jika kita pilih printer laser, namun jika hasil pekerjaan kita cukup dengan resolusi rendah dengan biaya perawatan yang relatif ringan, maka printer dot matrix masih memungkinkan.

Lain halnya jika komputer yang kita rakit nantinya akan digunakan untuk keperluan Desain Grafis, maka printer beresolusi tinggi sangat disarankan. Pemilihan jenis printer resolusi tinggi ini sangat jelas, karena hasil dari pekerjaan tersebut berbentuk grafik dengan teks yang sangat halus yang nantinya akan langsung dibuat master atau film separasi dan dibuatkan plat kemudian langsung dinaikkan ke mesin cetak.

Jadi masalah pemilihan printer ini sangat erat hubungannya dengan kebutuhan. Dan satu hal lagi yang mungkin tidak kalah pentingnya dalam memilih sebuah printer adalah dana yang tersedia. Karena ada kalanya printer dengan harga murah tetapi biaya perawatannya jauh lebih tinggi. Dan ada juga printer dengan harga tinggi tetapi perawatannya rendah. Oleh karena itu masalah memilih printer ini harus disesuaikan dengan harga dan biaya perawatan nantinya.

 

Referensi : Calon Teknisi Komputer

428 Kali Di Baca