HUMBEL

Knowledge Management

Memilih Keyboard dan Mouse

Hasil gambar untuk gambar mouse dan keyboard

Keyboard dan mouse merupakan kebutuhan pokok dalam sebuah komputer. Keyboard merupakan piranti input untuk memasukkan data. Sedangkan mouse merupakan penggerak pointer yang gunanya untuk mempercepat proses pekerjaan terutama untuk aplikasi-aplikasi  yang membutuhkan sentuhan mouse. Bahkan jika sistem operasi yang digunakan Windows mouse merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Bagian ini akan menjelaskan cara memilih keyboard dan mouse. Tetapi tidak menjelaskan bagaimana proses pembuatan dan komponen apa yang ada dalam keyboard dan mouse. Karena tujuan utama dari buku ini adalah merakit komputer sendiri berikut cara memilih hardware yang dibutuhkan.

1. Keyboard

Saat ini sebenarnya untuk memilih keyboard tidak akan kesulitan. Karena berbagai jenis dan merk keyboard bisa dijumpai di pasaran mulai keyboard import hingga yang buatan lokal. Harganya pun cukup bervariasi mulai yang Rp. 50.000,00 hingga yang Rp. 500.000,00 sudah tersedia. Tergantung jenis dan merk yang kita butuhkan.

Yang membedakan jenis keyboard ini selain jumlah tombolnya juga jenis yang sudah dilengkapi dengan trackball dan tombol-tombol lain di luar tombol utama. Trackball gunanya sama seperti mouse. Hanya saja trackball terpasang di keyboard sedangkan mouse berdiri sendiri.

Jumlah tombol pada keyboard bervariasi. Secara umum jumlah tombolnya berkisar antara 100 sampai 106 tombol. Namun yang paling banyak digunakan adalah keyboard biasa dengan jumlah tombol 105 tombol. Hanya saja ada beberapa tombol yang jarang digunakan terutama apabila kita menggunakan aplikasi yang jalan di atas sistem operasi Windows Server Core atau yang memerlukan command line.

Yang menjadi pertimbangan dalam memilih keyboard selain jumlah tombolnya juga faktor harga. Biasanya masalahnya kenyamanan menjadi faktor berikutnya. Jika jumlah tombol yang dibutuhkan sudah terpenuhi dan harga relatif murah, maka pilihan tentu akan jatuh ke keyboard tersebut.

Sebenarnya keyboard yang beredar saat ini umumnya sama saja. Hanya saja dari segi kelenturan ada jenis keyboard yang memang sangat nyaman digunakan dan ada pula yang sedikit keras ketika tombolnya kita tekan.

2. Mouse

Mouse merupakan kebutuhan pokok disamping keyboard. Walaupun tidak sepenting keyboard. Mouse tetap diperlukan untuk melengkapi sebuah komputer. Karena mouse adalah suatu alat yang digunakan untuk menggerakkan sebuah kursor/pointer. Bahkan saat ini hampir semua aplikasi berbasis Windows memerlukan mouse untuk menggerakkan kursor dan mengambil pilihan menunya. Dengan menggerakkan mouse sebagai penunjuk kursor dan digerakkan ke salah satu menu, maka menu yang ditunjuk segera tampil di layar komputer. Itu salah satu kelebihan mouse untuk membantu mempercepat proses pekerjaan Anda.

Untuk memilih sebuah mouse dapat menentukan beberapa kriteria. Pertama merk, jumlah tombol, dan kompatibelitasnya dengan suatu aplikasi atau hardware lain yang digunakan. Secara umum yang menjadi kriteria utama pemilihan mouse adalah kompatibelitasnya terhadap hardware dan software yang digunakan. Jika Anda menggunakan sistem operasi selain Microsoft Windows driver sangat penting. Karena tanpa diinstalasi drivernya, mouse tidak bisa digunakan. Maka dari itu keberadaan driver sangat penting bagi sebuah mouse.

Saat ini di pasaran banyak dijumpai merk dan jenis mouse, seperti Genius Mouse, Logitech, Microsoft Mouse, dan lain-lain. Namun demikian dari semua jenis mouse yang beredar di pasaran semuanya sama saja. Yang membedakan adalah dari segi kelenturan dan kenyamanannya. Semakin baik sebuah mouse akan terasa nyaman dan lentur ketika digunakan.

Namun demikian tentu saja semain baik dan canggih sebuah mouse harganya akan semakin mahal. Di pasaran tersedia berbagai jenis dan merk mouse dengan harga bervariasi, mulai yang harganya Rp. 50.000,00 sampai yang ratusan ribu rupiah.

 

Referensi : Calon Teknisi Komputer

723 Kali Di Baca