HUMBEL

Knowledge Management

Memilih CPU/Processor

Processor sangat menentukan kehandalan sebuah komputer. Semakin baik dan canggih sebuah processor yang dipasang sangat menentukan kecepatan, kredibilitas stabilitas, dan kompatibilitas sebuah komputer. Oleh karena itu jika anda ingin merakit sebuah komputer harus berorientasi ke depan.

Dalam memilih sebuah processor untuk komputer rakitan memang tidak terlalu sulit. Tetapi dalam hal ini kita harus memperhitungkan peruntukan nantinya. Jika komputer yang kita rakit hanya untuk pengolah kata saja mungkin processor yang tidak terlalu tinggi masih bisa digunakan. Tetapi jika komputer rakitan tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan, bisa saja memerlukan jenis processor kelas tinggi seperti Intel Core 2 Duo, AMD XP, AMD Athlon 64 X2Dual-Core.

Sampai saat ini Intel masih dijadikan kiblat untuk mengukur sebuah processor. Sebenarnya banyak jenis dan merk processor beredar di pasaran. Dari processor kelas menengah sampai kelas super canggih.

Untuk kelas menengah tersedia mulai Pentium Centrino sampai kelas Pentium Centrino Duo. Sementara processor generasi baru seperti Intel Core 2 Duo, AMD Athlon 64 X2 Dual-Core dan lain-lain dapat digunakan untuk komputer rakitan.

Dalam artikel ini tidak menjelaskan kelebihan maupun kekurangan processor, melainkan hanya menerangkan jenis dan merk processor di pasaran.

Sebagai gambaran jika anda akan merakit sebuah komputer, berikut ini beberapa processor yang kini beredar di pasaran dan banyak digunakan.

Gambar 1.1 Contoh Processor Intel Core 2 Duo

Gambar 1.2 Contoh Processor Intel vPro

Gambar 1.3 Contoh Processor Intel Centrino Duo

Gambar 1.4 Contoh Processor Intel Pentium 4

Gambar 1.5 Controh Processor AMD Athlon

Harga sebuah processor selain ditentukan dengan jenis dan merk juga kecepatan yang dihitung dalam Mhz. Semakin tinggi sebuah processor maka akan semakin mahal harganya.

Preocessor jenis Centrino Duo mungkin akan lebih murah dibandingkan Pentium Centrino Core 2 Duo. Begitu juga dengan AMD Athlon mungkin harganya lebih murah dibandingkan AMD Athlon X2 Dual-Core-2, dan sebagainya.

Dengan demikian masalah memilih processor ini tergantung tersedianya dana. Jika dana Anda mencukupi dapat memilih processor yang sesuai menurut ukuran dan kebutuhan.

Hanya saja perlu diingat, jika memilih suatu processor harus disesuaikan dengan motherboard yang Anda miliki. Karena tidak semua motherboard mampu menampung semua jenis dan merk suatu processor.

 

Referensi : Calon Teknisi Komputer

518 Kali Di Baca