HUMBEL

Knowledge Management

Lebih Penting Mana CPU, GPU, RAM, atau HDD?

Biasanya sebelum beli Handphone atau Laptop pasti bingung kan mau beli yang merk apa? Kata si Joko Laptop merk ini bagus tapi kata si Paijo lebih bagus Laptop merk yang itu.. Beli ini atau itu yaa.. Duhh jadi bingung..

Nah disini saya akan membantu kamu dalam memilih Handphone / Laptop / PC. Langsung ke topiknya yuk! hehe…

CPU (Central Processing Unit)

Mula-mula kita lihat spesifikasi (spek) dari CPU dulu. CPU adalah Central Processing Unit atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Unit Pusat Pemrosesan. Terkadang orang-orang salah pengertian tentang CPU ini, banyak orang yang mengira CPU adalah  PC (Personal Computer), padahal CPU adalah perangkat berbentuk kotak kecil di dalam PC.

Gambar diatas adalah PC (Personal Computer).

   

Gambar diatas adalah CPU (Central Processing Unit).

Teruusss banyak yang bilang CPU adalah otak dari PC atau Laptop. Pernyataan tersebut tidak salah sih tapi cuma kurang tepat. Kita misalkan seperti otak kita, jadi gini : Selain memproses dan memikirkan cara agar bisa cepat mendapatkan cinta si dia, otak manusia juga bisa menyimpan dan mengingat kenangan dengan si mantan (memori). Jadi bisa dianggap memori Komputer (RAM & Hardisk) adalah salah satu bagian otak PC atau Laptop juga.

Cara kerja CPU :

CPU menerima data dari perangkat (mouse, keyboard, touchscreen) lalu CPU akan mengambil informasi dari memori (RAM, HDD) dan akan mengkalkulasi dan memprosesnya, setelah itu CPU akan mengirimkan perintah dan instruksi kepada perangkat lain di Laptop, Komputer atau Handphone.

Misalnya nih ada dokumen yang akan kamu simpan, kamu klik pada ikon “Save”. Nah data hasil klik mouse kamu tadi dibaca oleh CPU, tapi CPU tidak dapat langsung mengerti apa kata si mouse karena data yang mouse minta masih berbentuk kode biner, kemudian CPU bertanya kepada si RAM, kata CPU begini “Hei RAM, ini kode ini artinya apa sich?” terus dijawab sama si RAM “Ohh, ini artinya klik kiri mouse, itu katanya dia mau nyimpan dokumen”, setelah itu barulah si CPU mengerti dan dokumen kamu dapat tersimpan. Kenapa si RAM bisa mengerti apa yang ditanyakan oleh CPU? Jawabannya karena pada RAM tersimpan driver perangkat mouse, jadi si RAM mengerti apa yang mouse katakan lewat kode biner.

Catatan : Sebelum kamu menggunakan suatu perangkat di Komputer, ingat selalu untuk menginstal drivernya ya! kalau tidak di instal nanti RAM tidak paham apa kata perangkat tersebut, alhasil nanti processornya bingung dan tidak bisa mengerjakan apa yang kamu minta.

Tapi eiiits data yang CPU terima bukan cuma satu itu aja lohh tapi ada milyaran per detik! Wow! Maka dari itu CPU harus memiliki kualitas yang bagus agar bisa mengerjakan dan memproses data yang kita minta dengan baik dan cepat. Parameternya adalah : Clockspeed & Core.

Kecepatan CPU (Clokspeed) : Dinyatakan dalam satuan Ghz.

CPU Clock makin tinggi      = Makin cepat dalam memproses data dan instruksi.

Banyaknya inti CPU (Core) : Dual core, Quad core, Octa core.

CPU Core semakin banyak = Data yang di proses semakin efisien. (analoginya jika kamu punya pr, jika semakin banyak orang yang membantu kamu mengerjakan maka pr tersebut akan semakin cepat selesai).

GPU (Graphics Processing Unit)

Setelah itu kita lihat spesifikasi GPU. GPU kependekan dari Graphics Processing Unit adalah prossesor yang bertugas secara khusus untuk mengolah tampilan grafik atau tampilan di layar.

Cara kerja GPU :

Misalkan kamu membuka aplikasi youtube, maka CPU akan menerima data yang sudah diterima dari RAM dan akan memberi perintah ke perangkat-perangkat lain contohnya yaitu perangkat audio, katanya CPU “Audio kamu hidup yaa, agar si yang punya Handphone bisa dengar suara dari videonya” sekaligus mengirimkan perintah juga ke GPU “Hai GPU, kamu hidup juga yaa biar yang punya Handphone bisa melihat tampilan videonya”. Lalu di GPU diproses dan akhirnya kamu bisa melihat tampilan di layar Komputer dan Handphone kamu.

Semakin tinggi dan baik spek GPU maka GPU dapat menampilkan grafik terbaik pada tampilan layar kamu. Intinya makin bagus speknya makin enak main gamenya hehehe..

Pada Graphic Chard/add-on (VGA) GPU terdapat pada chip yang dikenal dengan merk seperti Radeon, GeForce dll. Secara fisik kamu bakal melihat device ini dengan ditandainya terdapatnya heatsink (pendingin), bahkan kipas dan terlihat menempel pada sebuah rangkian tersendiri (chip) yang menancap pada motherboard. Sedangkan integrated graphics, GPU-nya biasanya tidak berupa chip tersendiri, namun sudah menjadi satu dengan motherboard.

Apa Perbedaan RAM dengan Memori Internal / HDD / ROM

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa agar CPU bisa bekerja dibutuhkan informasi dan instruksi yang tersimpan di memori. Memory ini terdiri dari RAM dan Hardisk / kalau dI Handphone Sering disebut internal memori atau ROM.

Berikut beda RAM dengan Hardisk :

RAM itu bisa diibaratkan sebagai sebuah meja. Sedangkan Hardisk atau memori internal itu adalah seperti laci dibawah meja. Setiap kali kita buka aplikasi, CPU membutuhkan informasi dan instruksi yang tersimpan di hardisk. Nah info dari hardisk ini diletakkan di RAM terlebih dahulu.

Kenapa harus diletakkan di RAM dulu? Karena kecepatan RAM jauh lebih cepat dibanding hardisk. Sama seperti kita lebih mudah dan cepat baca dokumen yang diletakkan di atas meja dibanding yang masih disimpan di laci. Data yang tersimpan di RAM cepat dan bahkan selalu berubah tergantung aplikasi yang sedang digunakan. Oleh karena itu sering disebut “memori jangka pendek”. Sedangkan data yang tersimpan di memori internal / HDD / ROM tersimpan dalam waktu yang lama sampai pengguna menghapusnya atau bisa dibilang “memori jangka panjang”.

Apa signifikansi pengaruh RAM dengan performa komputer atau Handphone secara keseluruhan?

Kalau misalnya kamu cuma butuh buka sedikit aplikasi dan aplikasinya ringan, maka kamu pakai RAM yang besar dengan RAM yang kecil ga ada bedanya sama sekali. Bisa dibilang kamu mubazir beli meja yang besar tapi dipakai buat naruh dokumen sedikit. Tapi bedanya kalau kamu buka banyak aplikasi sekaligus, maka akan lebih efektif kalau punya RAM yang besar.

Misalnya RAM Kecil hanya muat 4 aplikasi, saat buka aplikasi ke 5, dia harus tutup aplikasi 1 dulu. Lalu kalau mau balik ke aplikasi 1, dia harus tutup aplikasi 2 dulu. Dan proses ini akan memakan waktu Karena kecepatan hardisk jauh lebih lambat dari RAM.

Jika dibanding Komputer atau Handphone dengan RAM besar, mereka tidak perlu menutup aplikasi satu dan dua, bahkan bisa buka aplikasi 6 bahkan 7 tanpa perlu ada yang ditutup. Dan bisa bolak balik dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa ada penurunan perfoma.

Selain itu, beberapa aplikasi membutuhkan RAM yang besar, jadi, kalau jumlah RAM yang dibutuhkan oleh aplikasi ukurannya lebih besar dari RAM yang tersedia, maka dijamin computer atau ponsel tersebut tidak dapat menjalankan aplikasi yang dimaksud. Kalau seandainya bisa jalan sekalipun sudah pasti akan lambat.

Catatan: CPU disupport oleh RAM, sedangkan GPU atau untuk prosesor grafis, dia di support oleh yang namanya VRAM. Untuk prinsip kerjanya kurang lebih sama saja.

Tips Memilih Handphone Berdasar Performa

Karena hampir semua ponsel menggunakan System On Chip atau dengan kata lain GPU digabung dengan CPU, maka bisa dibilang kalau CPU-nya bagus, secara otomatis GPU-nya juga pasti bagus. Jadi, pilihlah CPU yang sebagus-bagusnya dan disesuaikan dengan budget.

Tapi disini saya akan bahas hubungannya CPU dengan RAM. Ada ponsel yang CPU-nya kurang bagus tapi punya RAM yang besar. Sebaliknya ada yang punya CPU bagus tapi RAM tidak terlalu besar.

Sebagai contoh BlackBerry Aurora yang tergolong masih baru saat artikel ini dibuat. Ponsel Android ini punya CPU dan GPU yang tidak terlalu bagus, tapi punya RAM yang besar yaitu 4GB. Sementara banyak ponsel Android lain yang punya CPU lebih bagus tapi RAM hanya 2 atau 3GB saja, misalnya Redmi Note 3 Pro Snapdragon.

Jadi, sebaiknya pilih yang mana?

Semua balik ke kebutuhan. Kalau pekerjaan sobat membutuhkan banyak buka aplikasi secara bersamaan, misalnya profesi sobat adalah jualan online yang mana butuh buka banyak aplikasi e-commerce, buka chatting di berbagai media social, seperti BBM, WhatsApp, Line, Instagram, Facebook, dll. maka pilihlah yang punya RAM besar.

Tapi kalau kamu adalah gamers sejati dan saat main game itu kamu tidak terlalu perduli dengan aplikasi lainnya, misalnya kamu rela aplikasi lain ga jalan yang penting game jalan, maka sobat perlu pilih yang memiliki CPU dan GPU bagus dibandingkan RAM besar.

Balik lagi ke BlackBerry Aurora, memang dari dulu sejatinya ponsel BB lebih fokus untuk kerja atau bisnis dibandingkan untuk have fun atau bermain.

Tips Memilih Laptop

Lalu sekarang cara memllih Laptop. Ada laptop yang memiliki CPU bagus tapi GPU biasa-biasa saja. Ada juga yang memiliki CPU biasa-biasa saja tapi memiliki GPU lebih bagus.

Jadi sebaiknya pilih yang mana?

Balik lagi ke kebutuhan. Kalau sobat suka main game atau butuh pekerjaan yang berhubungan dengan gambar, misalnya desain grafis dsb, pilihlah Laptop dengan GPU yang paling bagus yang bisa sobat beli.

Sebaliknya, kalau sobat pergunakaan Laptop untuk kerja kantoran, untuk menghitung data dan jarang menggunakan aplikasi game atau desain grafis, maka pilihlah Laptop dengan CPU yang paling bagus. Sedangkan untuk RAM, pilihlah yang paling besar yang sobat bisa beli. Tapi kalau dihadapkan pada pilihan mau Laptop dengan RAM besar tapi CPU dan GPU biasa2 saja, atau Laptop dengan CPU dan GPU lebih baik tapi RAM lebih kecil, maka pilihlah yang memiliki CPU dan GPU lebih baik.

Karena RAM pada umumnya bisa ditambahkan atau di upgrade. Tapi sebelum beli, tanyakan dulu apakah RAM bisa di upgrade atau tidak. Sedangkan kalau CPU dan GPU di Laptop sudah pasti tidak bisa di upgrade atau diganti.

Tips Memilih Komputer Rakitan / Desktop / PC

Pada dasarnya sama seperti memilih Laptop, tapi kalau dihadapkan pada pilihan, maka sebaiknya pilih Komputer yang memilik CPU paling bagus yang bisa sobat beli. Kalau untuk RAM dan GPU nanti sobat bisa upgrade belakangan kalau sudah ada dananya.

7,109 Kali Di Baca