HUMBEL

Knowledge Management

Kenapa Susunan Keyboard QWERTY?

 

Pernah gak kamu bertanya-tanya kenapa sih susunan keyboard itu gak berurutan ABCD melainkan QWERTY? Mulai dari handphone sampai laptop semua menggunakan keyboard QWERTY.

Sebenarnya ada banyak loh susunan keyboard selain susunan QWERTY, Namun karena susunan QWERTY dianggap yang paling ideal dan paling nyaman digunakan dalam bahasa inggris maka susunan tersebut dijadikan standar keyboard deh. Untuk sejarahnya saya ceritakan dibawah yaa.

Pada jaman dahulu sebelum adanya handphone, orang-orang berkirim pesan menggunakan mesin tik. Penemu mesin tik, Christoper Latham Sholes, awalnya membuat keyboard dengan urutan abjad ABCD dengan susunan 2 baris. Namun, selama menggunakan susunan tersebut setiap kali mengetik cepat dalam bahasa inggris, batang-batang pencetak huruf pada mesin tik sering saling tersangkut dan membuat proses mengetik jadi macet.

Maka beliau mencari alternatif lain agar pengguna mudah mengetik dengan lancar jaya, yaitu dengan membuat huruf yang sering dipakai dalam bahasa inggris menjadi berdekatan dan yang tidak terlalu dipakai berjauhan. Setelah banyak percobaan mengacak-ngacak huruf akhirnya beliau menemukan bahwa susunan QWERTY-lah yang paling nyaman dipakai.

Pada 1973 susunan keyboard QWERTY dipatenkan sebagai input komputer dan diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jadinya deh, susunan keyboard QWERTY dipakai sampai sekarang dan dijadikan standar di hampir semua gadget masa kini.

Nah, menurut sejarahnya, keyboard QWERTY ditemukan dengan tujuan agar orang-orang yang menggunakan bahasa inggris dapat dengan mudah mengetik. Mungkin di masa depan ada yang menemukan susunan keyboard yang mudah digunakan untuk orang Indonesia yaa, hehe…

598 Kali Di Baca