HUMBEL

Knowledge Management

Apa Itu Proxy Server?

Proxy yang disebut juga dengan buffer atau penampung, sangat berguna sekali pada jaringan komputer yang memiliki banyak host yang saling berbagi koneksi internet.

Dengan adanya Proxy ini, proses akses ke sebuah website yang sama oleh beberapa host akan menjadi lebih cepat karena isi website tersebut secara otomatis telah tersimpan pada cache di Proxy Server saat pertama kali website ini diakses oleh salah satu host dalam jaringan.

Misalnya, host A mengakses ke www.juallinux.com. saat host A ini mengakses www.juallinux.com, Proxy Server secara diam-diam menyimpan salinan web www.juallinux.com ke dalam media penampungnya.

Saat host B mengakses ke www.juallinux.com, Proxy Server yang telah menyimpan salinan tersebut akan memberikan informasi secara langsung kepada host B. Karena informasi didapatkan dari Server Lokal dan bukan dari internet, tentu saja semuanya menjadi jauh lebih cepat.

Anda mungkin bertanya, bagaimana bila isi dari website yang diakses ternyata telah berbeda? Proxy tentu tidak akan secara sembarangan memberikan isi cache yang dimiliki karena ia akan melakukan pengecekan ke internet terlebih dahulu apakah ada perubahan atau tidak. Bila ada perubahan yang telah terjadi pada halaman web, maka seluruh isinya akan diambil kembali.

Selain mempercepat kecepatan browsing internet, Proxy Server juga digunakan untuk mengatur rules akses internet dalam sebuah perusahaan, seperti menentukan siapa yang diizinkan browsing internet, dan siapa yang tidak berhak melakukan browsing internet, mengatur website apa saja yang diperbolehkan, dan website apa saja yang tidak boleh, mengatur waktu browsing internet, dan lain-lain.

Pada sistem operasi Windows, baik itu Windows Server maupun Windows Desktop, program Proxy ini dibuat oleh pihak ketiga. Program-program Proxy yang terkenal di Windows adalah ISA Server, WinRoute, WinGate, dan banyak lagi. Pada sistem operasi yang berbasis UNIX seperti Linux dan FreeBSD, aplikasi Proxy yang sangat terkenal dan sangat powerfull dan lengkap adalah Squid. Ubuntu yang merupakan salah satu distribusi Linux yang terkenal juga menggunakan Squid ini untuk keperluan Proxy.

 

Referensi : Ubuntu Server (Panduan Singkat & Cepat)

974 Kali Di Baca