Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Muatan Pelajaran Informatika Kurikulum 2013

Mata pelajaran TIK yang dulunya di hapus, sekarang telah di kembalikan dengan nama Informatika, Mapel informatika ini untuk jenjang SD/Mi, SMP/MTs, dan SMA/MA. Tidak hanya berbeda nama muatan Pelajaran Informatika juga berbeda dengan TIK. Selain itu penerapan mapel Informatika juga belum dilakukan secara menyeluruh, di seluruh sekolah dasar dan menengah di Indonesia, berikut uraian singkat yang bersumber dari kemdikbud RI.



Perbedaan Mapel Informatika dan TIK


Muatan/mapel Informatika merupakan perluasan dan pendalaman dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK.
Perluasan dan pendalaman tersebut berdampak pada adanya perbedaan mendasar dari cakupan materi, proses pembelajaran.

Kompetensi Informatika tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pemakai (user) dan konsumer saja, melainkan lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan dan mengusulkan solusinya.

Kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan produk-produk teknologi informasi sesuai dengan kaidah keilmuan informatika, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan pengolahan data dalam bentuk digital menjadi informasi.

Silahkan Download Pedoman Muatan Mapel Informatika untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah :

Verifikasi dan Penetapan Sekolah

Penetapan sekolah dilakukan atas dasar hasil verifikasi terhadap sekolah yang diidentifikasi siap mengimplementasikan mapel Informatika. Untuk Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sekolah pelaksana mapel Informatika ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Semoga ini kabar yang menyegarkan untuk Pengajar, Siswa, dan seluruh unsur yang terlibat dalam dunia Pendidikan.

Khusus untuk Pengajar yang mempunyai latar belakang IT/TIK, Selamat meng Upgrade Diri, Saatnya bergerak dengan lebih kencang, Untuk SDM Indonesia Unggul, dalam Era Revolusi 4.0.

admin

Pengelola Website Huma Belajar

Latest posts by admin (see all)

226 Kali Di Baca