Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Apa Itu CHMOD?

CHMOD adalah nama aplikasi yang digunakan untuk mengubah hak akses suatu file atau direktori di sistem operasi Linux. CHMOD adalah kependekan dari CHange MODe, atau terjemahan bebasnya adalah mengubah mode. Mode disini adalah mode akses dari suatu file/direktori di sistem operasi Linux. Dalam sistem operasi Linux, setiap file/direktori mempunyai mode akses tertentu, dimana mode akses ini akan memberikan batasan-batasan bagaimana suatu file/direktori itu diakses dan oleh siapa saja.

Yang dapat mengakses suatu file/direktori dibatasi kepada User, Group, dan Other. User adalah pemilik suatu file/direktori. Bagaimana agar seseorang dapat menjadi pemilik suatu file/direktori, yaitu dengan menciptakan file/direktori tersebut atau menyalin file tersebut dari lokasi atau sumber lain. Group mewakili sekelompok User, misalnya vavai dan vivian sama-sama bekerja dibagian Accounting, kita bisa andaikan groupnya adalah Accounting dan memiliki folder (direktori) Accounting.

Other adalah kelompok diluar Group atau User. Masing-masing mempunyai hak akses yang bisa kita tentukan dengan format sebagai berikut :

Pengguna File 4 2 1
User R W X
Group R W X
Other R W X

Tabel diatas adalah bagaimana kita dapat membuat kode untuk mode akses suatu file/direktori, caranya dengan menjumlahkan bilangan yang sesuai dengan hak aksesnya. Dalam hal ini R adalah READ (baca) yang bernilai 4, W adalah WRITE (tulis) yang bernilai 2, dan X adalah EXECUTE (eksekusi) yang bernilai 1.

 

Referensi : Modul Active Directory, PDC & File Server Berbasis Linux-Samba 4

Latest posts by amar ma'ruf (see all)

58 Kali Di Baca