Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Tutorial Instal VirtualBox

Pengertian VirtualBox

VirtualBox adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems yang sekarang menjadi bagian dari Oracle. VirtualBox adalah aplikasi yang bisa mensimulasikan komputer standalone. Dengan menggunakannya, PC kita bisa menjalankan beberapa sistem pada saat yang sama termasuk mesin virtual.

Cara Instal VirtualBox :

1. Download VirtualBox.

Download VirtualBox pada link berikut : https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads. Berikut tampilan web VirtualBox.

2. Pada bagian “VirtualBox 6.0.10 platform packages”, klik sesuai namaSistem Operasi yang anda gunakan saat instalasi nanti.

Sebagai contoh, disini saya menggunakan Windows, jadi saya klik pilihan “Windows hosts”. File akan terdownload secara otomatis. Instalasi VirtualBox dapat menggunakan file instalasi (offline) atau secara online. Instalasi online hanya dapat dilakukan untuk hosts Linux.

3.  Selanjutnya jalankan aplikasi VirtualBox yang telah didownload.

Buka file dimana anda meletakkan file VirtualBox, lalu jalankan dengan klik 2 kali pada file tersebut.

3. Klik tombol Next.

Akan muncul layar selamat datang dalam proses pertama instalasi VirtualBox. Klik next untuk melanjutkan instalasi.

4. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Di bagian ini, anda akan menentukan fitur apa yang akan diinstall dan tidak. Mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan, sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian ini anda juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Saran saya adalah biarkan saja seluruh pengaturan tersebut , dan klik next.

5. Klik tombol Next.

Pada piliihan selanjutnya adalah Costum Setup. Di bagian ini, kita dapat menentukan apakah cara akses VirtualBox secara cepat (shortcut) akan diinstall pada bagian desktop dan Quick Launch Bar, dsb.

6. Klik tombol Yes.

Selanjutnya muncul pemberitahuan bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox.

7. Klik tombol Install.

VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk diinstall. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.

8. Klik pilihan Yes.

Akan muncul jendela yang menanyakan anda apakah anda ingin menjalankan aplikasi tersebut atau tidak (yang disebut dengan Account User Control). Jika anda memilih pilihan No maka instalasi anda akan dihentikan. Maka klik pilihan Yes untuk melanjutkan instalasi.

9. Tunggu loading selesai.

Proses instalasi dan penyalinan file aplikasi VirtualBox sedang dilakukan.

10. Klik Install

Apabila dalam proses instalasi muncul pertanyaan seperti diatas, maka tandai kotak konfirmasi Always trust software from “Oracle Corporation” kemudian tekan tombol Install. Jika anda menekan tombol Dont Install maka proses instalasi akan dihentikan.

11. Instalasi selesai. Klik tombol Finish. 

Layar selanjutnya menginformasikan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai dilakukan. Klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan menjalankan aplikasi VirtualBox.

Tampilan aplikasi VirtualBox.

Selamat menggunakan VirtualBox^^.

 

 

168 Kali Di Baca