Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Sistem Operasi Server (Jaringan)

Semua perangkat komputer memiliki sistem operasi yang berjalan untuk membuat perangkat tersebut berfungsi dan dapat melakukan tugas nya yang sebagaimana sudah ditentukan. Dalam dunia komputer dewasa ini sudah banyak sistem operasi yang dibuat, baik itu untuk kebutuhan umum maupun untuk kebutuhan khusus, dari kelas Server Enterprise sampai kelas Handpone Pintar.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Sistem operasi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan komputasi pengguna, juga diklasifikasikan berdasarkan platform tertentu, antara Workstation atau Desktop dengan Server.

Untuk platform Workstation/Desktop Anda sudah mengenal nama Windows 98, Windows 98 SE, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan lain sebagainya. Sistem operasi di atas merupakan buatan Microsoft Inc untuk platform Workstation/Desktop.

Sedangkan sistem operasi Workstation/Desktop yang dari Linux terdiri dari Mandriva, BlankOn, Sabily, dan Ubuntu Desktop, serta banyak lagi distro Linux yang lain. Ada satu lagi sistem operasi Workstation/Desktop terkenal buatan Apple Inc, yaitu Mac OS X.

Untuk platform Mobile, Anda mungkin sudah mendengar nama iOS, Android, WindowsPhone, dan masih banyak lagi.

Untuk platform komputer Server juga memiliki sistem operasi yangf khusus, Hampir semua perusahaan pembuat perangkat lunak yang membuat sistem operasi pasti menyediakan sistem operasi mereka yang dikhususkan untuk Server. Nama-nama seperti Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Windows 2003 Server R2, Windows 2008 Server, Windows 2008 Server R2 tentu sudah tidak asing lagi terdengar bagi orang-orang TI. Semua yang saya tulis di atas merupakan sistem operasi khusus yang dibuat oleh Microsoft Inc.

Sementara itu di dunia Linux, bisa dikatakan hampir semua perusahaan pembuat distro Linux juga membuat sistem operasi khusus buat Server, nama-nama besar seperti Red Hat, Canonical, dan Novell SUSE sudah tidak diragukan lagi dalam bidang ini. Bukan hanya itu, distro-distro Linux yang dibuat komunitas Linux juga tidak dapat dipandang sebelah mata, nama-nama seperti CentOS, ClearOS, SME, juga sangat terkenal untuk sistem operasi Server yang bebas. Dan jika kita mau jujur, secara global sistem operasi yang bebas inilah yang selama ini banyak menjadi tulang punggung layanan internet di seluruh dunia.

Namun ada sebuah sistem operasi yang khusus dibuat untuk Server yang sangat unik. Kenapa dibilang unik? Karena sistem operasi ini bebas digunakan serta mendapatkan dukungan pemutakhiran (update) secara cuma-cuma tanpa harus membeli lisensi, dan juga tidak diragukan lagi ketangguhannya.

Anda baru dikenakan biaya jika Anda membutuhkan dukungan langsung dari pembuatnya. Dukungan ini berupa konsultasi, implementasi, dan training.

Nama sistem operasi ini adalah Ubuntu Server yang dibuat oleh komunitas dan didukung penuh oleh Canonical Inc.

Ubuntu Server

Ubuntu Server adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh komunitas dari seluruh dunia, dan didukung secara penuh oleh perusahaan Canonical dibidang support, konsultasi, training, dan sertifikasi.

Ubuntu Server dibuat berdasarkan kernel Linux dan berbasiskan distro Debian yang sudah terkenal stabil dan exist sampai saat ini. Perbedaan utama antara Ubuntu Server dengan Ubuntu Desktop adalah pada kernel dan fitur GUI, dimana Ubuntu Server sudah menggunakan kernel yang dibangun khusus untuk keperluam Server yang dapat berjalan terus-menerus tanpa memerlukan restart. Ubuntu Server juga tidak menyertakan GUI dalam penggunaannya, hal ini karena semua Administrasi Server dapat dilakukan tanpa harus ada GUI.

Dengan tidak memiliki GUI, tentunya jumlah memory Server dapat dioptimalkan untuk keperluan komputasi yang lain. Ubuntu Server dikeluarkan dalam versi 64 bit, namun jika Anda memerlukan yang versi 32 bit juga masih tersedia di website resmi Ubuntu.

Paket Ubuntu Server

Dalam sebuah CD Ubuntu Server Anda akan mendapatkan secara otomatis beberapa aplikasi berikut ini :

  1. Bind9 : untuk membuat DNS Server
  2. LAMP : untuk membuat sebuah Web Server yang lengkap
  3. LDAP : untuk membuat layanan Direktori
  4. Squid : untuk membuat Proxy Server
  5. Postfix : untuk kebutuhan layanan Email Server
  6. PostgreSQL : untuk membuat Server Database
  7. Dan lain sebagainya…

 

Referensi : Ubuntu Server (Panduan Singkat & Cepat)

122 Kali Di Baca