Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Mengenal VirtualBox dan Qemu

1. VirtualBox

VirtualBox merupakan salah satu software yang sekarang dikembangkan oleh Oracle. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman, Innotek GmH. Februari 2008, Innotek GmH diakuisisi oleh Sun Microsystem. Sun Microsystem kemudian juga diakuisisi oleh Oracle.

VirtualBox berfungi untuk melakukan virtualisasi sistem operasi. VirtualBox juga dapat digunakan untuk membuat virtualisasi jaringan komputer sederhana. Denagn adanya VirtualBox, tentunya sangat membantu dan berguna bagi pengguna yang ingin melakukan sebuah ujicoba dan simulasi instalasi sistem operasi tertentu tanpa harus mengganggu dan kehilanagn sistem operasi utama yang sudah ada.

Software GNS3 pun telah mendukung VirtualBox yang sangat membantu bila ingin menambahkan Guest (virtual machine) seperti OS berbasis Linux, Windows, BSD, dan lain-lain ke dalam topologi. GNS3 secara otomatis akan menghubungkan antara Guest VirtualBox dengan perangkat-perangkat virtual yang ada pada topologi GNS3 menggunakan UDP Tunnel.

Bagi yang ingin membuat virtualisasi menggunakan Virtual Box, silahkan unduh softwarenya di https://www.virtualbox.org/

2. Qemu

Setelah sebelumnya menggunakan VirtualBox berikutnya juga ada software untuk melakukan virtualisasi yaitu Qemu. Qemu juga hampir sama seperti VirtualBox. Kelebihan Qemu disini adalah lebih ringan bila dibandingkan dengan VirtualBox, akan tetapi lain dari VirtualBox Qemu cenderung menggunakan antarmuka teks untuk membuat maupun konfigurasi virtual machine.

Qemu dapat digunakan di sistem operasi Linux maupun Windows walaupun awalnya Qemu hanya diperuntukkan untuk platform Linux. Untuk memulai menggunakan Qemu Anda harus membuat virtual harddisk terlebih dahulu. Tentu saja besar harddisk yang digunakan harus tidak lebih besar dari ukuran partisi harddisk Anda yang sebenarnya dan cukup untuk OS yang Anda install di Qemu.

Ingin membuat virtualisasi menggunakan qemu, silahkan download softwarenya di https://www.qemu.org/

140 Kali Di Baca