Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Mengenal GNS3

Sekuat apapun teori yang Anda miliki, tidak akan banyak gunanya bila Anda tidak pernah mempraktekkannya. Mempelajari jaringan komputer, juga tidak ada bedanya. Anda tidak bisa hanya berteori karena ada banyak hal yang hanya bisa dipahami ketika Anda mempraktekkannya.

Jadi bagaimana mempraktekkan semua teori jaringan yang dimiliki? Anda bisa membangun sebuah lab sendiri yang terdiri atas komputer, router, dan lain-lain. Bisa Anda bayangkan berapa biaya yang Anda butuhkan? Bagaimana jika Anda membutuhkan sampai ratusan peralatan komputer, router, dan lain-lain? Berapa ukuran ruangan yang Anda butuhkan? Berapa banyak kerepotan yang harus Anda hadapi karena kabel-kabel yang yang sedemikian banyaknya? Membangun jaringan fisik untuk belajar itu sudah kuno karena sekarang ada software yang memungkinkan Anda mensimulasikan itu semua. Mudah, cepat, dan murah!

GNS3 (Graphical Network Simulator) adalah software khusus untuk emulator yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer, dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks.

Dengan membangun GNS3 Anda bisa mensimulasikan sistem operasi jaringan seperti IOS (Internetwork Operating System), Cisco, JunOS (Juniper), dan RouterOS (MikroTik).

Saat ini GNS3 juga sudah didukung oleh software emulator lainnya seperti Qemu dan VirtualBox sehingga bisa diintegrasikan untuk melakukan simulasi Server (Linux Server/Windows Server) maupun Host (Linux, Windows, Mac OS X, Free BSD, dll).

Dengan kemampuan semacam ini, Anda bisa merencanakan dan merancang jaringan yang lebih kompleks seperti mengemulasikan Router Cisco yang terhubung dengan Server, kemudian Server yang terhubung ke Client dengan perangkat Switch maupun yang lain.

GNS3 juga bisa diandalkan sebagai persiapan untuk melakukan ujian semisal CCNA (Cisco Certified Network Associate), CCNP (Cisco Certified Network Profesional) bahkan sampai CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).

Sudah banyak software yang digunakan sebagai simulator namun kebanyakan tidak menyediakan command yang lengkap pada setiap perangkat yang disimulasikan. GNS3 merupakan simulator dengan konsep mengemulasikan sistem operasi yang sama sehingga yang muncul pada saat dijalankan adalah sistem operasi yang sebenarnya dari sebuah perangkat.

Meski demikian tidak berarti GNS3 bisa digunakan sebagai pengganti Router sebenarnya dalam kehidupan nyata. Software ini lebih cocok digunakan untuk :

  1. Eksperimen dan test jaringan
  2. Membuat konsep jaringan
  3. testing perubahan konfigurasi jaringan

 

Referensi : Jaringan Virtual MikroTik, Cisco & Juniper Dengan GNS3

116 Kali Di Baca