Cari dengan HUMBEL

Anda dapat melakukan pencarian dengan mengetikkan "kata kunci" di kolom search

Apa Itu DHCP Server?

Dynamic Host Configuration Protocol atau biasa disebut DHCP adalah sebuah layanan jaringan yang berfungsi meminjamkan alamat IP Address kepada semua host yang membutuhkan alamat IP di dalam sebuah jaringan secara otomatis dan dinamis.

Semua host yang mendapatkan alamat IP dari DHCP Server tidak bisa melakukan settingan manual, jadi semua alamat IP dan konfigurasi jaringan lainnya seperti DNS, Gateway akan diberikan oleh DHCP Server tersebut.

Jadi ketika Anda menjadi seorang Network Administrator tidak akan pusing lagi dengan kejadian IP konflik yang sering sekali terjadi jika Anda masih menerapkan konfigurasi alamat IP Address secara manual.

Penerapan alamat IP manual hanya efektif jika jumlah host dalam jaringan masih dibawah 10 host, namun jika sudah lebih dari 10 host, lebih bagus Anda membuat DHCP Server.

Sebuah DHCP Server selain memberikan alamat IP Address kepada host, juga dapat memberikan informasi tambahan seperti :

  1. Menentukan nama host (hostname)
  2. Menentukan nama domain (Domain Name)
  3. Menentukan alamat Server waktu (NTP)
  4. Dan menentukan alamat Server cetak (Print Server)

Saat ini hampir semua sistem operasi Server sudah menyediakan paket ataupun Service DHCP Server di dalamnya, Anda hanya tinggal mengaktifkan dan melakukan konfigurasi penyesuaian dengan karakteristik jaringan Anda.

Manfaat DHCP Server akan Anda rasakan pada saat ada perubahan setiingan pada jaringan, misalkan Anda mengganti povider ISP Internet. Perubahan provider ISP biasanya juga disertai dengan perubahan pada alamat Gateway dan DNS yang kini bisa Anda lakukan secara otomatis berkat DHCP Server. Dapat Anda bayangkan jika Anda tidak memiliki DHCP Server dan dalam jaringan Anda ada lebih dari 100 host komputer. Anda akan kelimpungan merubah alamat Gateway dan DNS satu-persatu. Jika Anda sudah menerapkan DHCP Server, Anda cukup merubah alamat Gateway dan DNS tersebut di satu tempat saja, yaitu DHCP Server.

 

Referensi : Ubuntu Server (Panduan Singkat & Cepat)

371 Kali Di Baca